//
you're reading...
NEWS, Techno

10 Negara dengan Hacker terbanyak di dunia

Teror ternyata tidak hanya ada di dunia nyata, tetapi ada juga di dunia maya. Teror di dunia maya biasanya dilakukan oleh hacker golongan hitam. Karena ada beberapa hacker yang tidak mau disebut sebagai hacker karena mereka melakukan hack untuk tindakan tertentu atau untuk pembelajaran. Hacker ini disebut dengan hacker golongan putih.

Beberapa waktu lalu banyak situs-situs ternama yang berguguran karena diserang hacker. Bahkan situs milik presiden Indonesia pun tak bisa lepas diretas oleh hacker. Tindakan para hacker ini tentu berdampak negatif terutama bagi layanan perbankan atau sinyal lalu lintas atau situs wisata bakan menyerang sistem data rahasia negara. Dari ratusan negara di dunia, ada beberapa negara yang menjadi tempat tinggal hacker terbanyak di dunia.

Berikut 10 negara dengan hacker terbanyak di dunia :

Cina. Negara yang terletak di Asia Timur telah menyumbang 41 persen lalu lintas serangan cyber dunia selama kuartal keempat tahun lalu, membuat negara ini sebagai sumber serangan cyber di dunia. Serangan dari China meningkat dari 33 persen pada kuartal sebelumnya dan 13 persen pada periode tahun lalu, menurut Akamai.
Amerika Serikat. Negara yang terletak di Amerika Tengah ini menjadi penyumbang 10 persen lalu lintas serangan dunia selama kuartal keempat tahun lalu, menempatkan negara ini pada urutan ke-2. Peringkat Amerika Serikat anjlok dari 13 persen pada kuartal sebelumnya dan persentasenya tetap dari periode tahun lalu. AS adalah rumah bagi anggota dari beberapa kelompok hacker paling terkenal di dunia, termasuk Anonymous dan AntiSec.
Turki. Sebuah negara benua, sebagian besar terletak di Anatolia di Asia Barat dan Timur dan masuk ke Eropa Tenggara, telah menyumbang 4,7 persen dari lalu lintas serangan dunia selama kuartal keempat tahun 2012, menempatkan negara ini berada di tempat ke-3. Serangkan dari Turki meningkat dari 4,3 persen pada kuartal sebelumnya dan turun dari 5,6 persen pada periode tahun lalu.
Rusia. Sebuah negara di Eurasia utara (gabungan benua di daratan Eropa dan Asia), telah menyumbang 4,3 persen dari lalu lintas serangan dunia selama kuartal keempat tahun 2012, menempatkan negara ini pada urutan ke-4. Kejahatan hacker Rusia menurun dari 4,7 persen pada kuartal sebelumnya dan 6,8 persen pada periode tahun lalu. Setidaknya 40 perusahaan termasuk Apple, Facebook dan Twitter juga menjadi target serangan malware terkait dengan kelompok kriminal cyber yang berbasis di Rusia atau Eropa Timur, menurut laporan Bloomberg News baru-baru ini.
Taiwan. Sebuah provinsi di Cina, di Asia Timur, telah menyumbang 3,7 persen dari lalu lintas serangan dunia selama kuartal keempat tahun 2012, dan menempatkan daerah ini di tempat ke-5. Hacker dari Taiwan turun dari 4,5 persen pada kuartal sebelumnya dan 7,5 persen pada periode tahun lalu. Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan keamanan Sophos menemukan bahwa 12,7 persen dari komputer di Taiwan telah diserang oleh malware selama tiga bulan pada tahun lalu.
Brazil. Negara terbesar di Amerika Selatan dan Amerika Latin. Di wilayah ini telah menyumbang 3,3 persen dari lalu lintas serangan dunia selama kuartal keempat tahun 2012, menempatkan negara ini pada urutan ke-6. Negara Brasil ini turun dari 3,8 persen pada kuartal sebelumnya dan 4,4 persen pada periode tahun lalu. Bulan lalu, kelompok hacker Brasil yang dikenal sebagai “HighTech Brasil HackTeam” dilaporkan telah mengambil alih salah satu server NIC resmi India dan mengambil alih situs tersebut. Dan pada bulan Januari, website Reliance Netconnect dan situs top TV Afrika Selatan telah dibajak oleh Tim Hack Brasil. Serangan cyber di Brasil juga telah merusak beberapa situs seperti website keuangan Brasil milik Febraban, Banco BMG, Banco Panamericano, dan Citigroup.
Rumania. Negara yang terletak di persimpangan Eropa Tengah dan Tenggara, berbatasan dengan Laut Hitam telah menyumbang 2,8 persen dari lalu lintas serangan dunia selama kuartal keempat tahun 2012, menempatkan negara ini pada urutan ke-7. Negara Rumania naik dari 2,7 persen pada kuartal sebelumnya dan 2,6 persen pada periode tahun lalu. Beberapa laporan menjelaskan salah satu kota di Rumania, sebagai surga bagi para penjahat cyber.
India. Negara yang terletak di Asia Selatan ini telah menyumbang 2,3 persen dari lalu lintas serangan cyber dunia selama kuartal keempat tahun 2012, negara ini menempati urutan ke-8. Ada penurunan kejahatan cyber di negara ini dari 2,5 persen pada kuartal sebelumnya dan 3 persen pada periode tahun lalu.
Italia. Negara yang berada di Eropa selatan ini menyumbang 1,6 persen dari lalu lintas serangan cyber dunia pada kuartal keempat tahun 2012, menempatkan negara tersebut pada posisi 9. Serangan cyber yang datang dari negeri ini telah mengalami sedikit penurunan dari 1,7 persen pada kuartal sebelumnya dan 1,9 persen pada periode tahun lalu.
Hongaria. Negara yang masuk di daratan Eropa Tengah ini menyumbang 1,4 persen dari lalu lintas serangan hacker di dunia pada kuartal keempat tahun 2012. Persentase Hungaria tidak berubah dari kuartal sebelumnya.

sumber:

About dendar98

Tidak penting anda siapa yang penting adalah sudah berbuat apa terhadap siapa-siapa...

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: