//
you're reading...
E-LEARNING, Take Home

SOAL UAS MANSTRA 2013

UJIAN AKHIR SEMESTER GAZAL 2012/2013
D3 FISIP UNTAN
MANAJEMEN STRATEGI

SIFAT UJIAN : TAKE HOME
JAWABAN DIKUMPULKAN : RABU, 16 JANUARI 2013, PUKUL 15.40 KEPADA PENGAWAS YANG BERTUGAS.

SOAL 1
Dalam beberapa dekade ini PT Indofood Sukses Makmur Tbk (“Indofood” atau “Perseroan”) telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan, mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di pasar. Kini, Indofood dikenal sebagai perusahaan yang mapan dan terkemuka di setiap kategori bisnisnya. Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, Indofood memperoleh manfaat dari ketangguhan model bisnisnya yang terdiri dari empat Kelompok Usaha Strategis (“Grup”) yang saling melengkapi sebagai berikut:
 Produk Konsumen Bermerek (“CBP”). Kegiatan usahanya dilaksanakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (“ICBP”), yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (“BEI”) sejak tanggal 7 Oktober 2010. ICBP merupakan salah satu produsen makanan dalam kemasan terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai jenis produk makanan dalam kemasan. Berbagai merek produk ICBP merupakan merek–merek yang terkemuka dan dikenal di Indonesia untuk makanan dalam kemasan.
 Bogasari, memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta. Kegiatan usaha Grup ini didukung oleh unit perkapalan dan kemasan.
 Agribisnis. Kegiatan operasional di bidang agribisnis dijalankan oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk (“SIMP”) dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (“Lonsum”), yang sahamnya tercatat di BEI, serta merupakan anak perusahaan Indofood Agri Resources Ltd. (“IndoAgri”), yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Singapura. Kegiatan usaha utama Grup ini meliputi penelitian dan pengembangan, pembibitan, pemuliaan dan pengolahan kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran minyak goreng, margarin dan shortening bermerek. Di samping itu, kegiatan usaha Grup ini juga mencakup pemuliaan dan pengolahan karet dan tebu serta tanaman lainnya.
 Distribusi, memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia. Grup ini mendistribusikan hampir seluruh produk konsumen Indofood dan anak–anak perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga.
Selengkapnya kunjungi http://www.indofood.com

PERTANYAAN
Temukan fakta kesuksesan PT.Indofood berdasarkan kriteria sebagai berikut:
a) Pemberian pelayanan berkualitas tinggi
b) Inovatif dalam merespons secara cepat keinginan konsumen
c) Memiliki visi jangka panjang
d) Kesehatan finansial
e) Keberhasilan yang membuat perusahaan lain untuk menirunya

SOAL 2.
CEO BUMN Terbaik Indonesia tahun 2012 telah dianugrahkan kepada 5 CEO BUMN terbaik Indonesia, seperti yang telah dirilis oleh majalah BUMN Track yang juga sebagai penyelenggara peanugerahan CEO BUMN Terbaik Indonesia, hal ini membuktikan bahwa Indonesia juga mempunyai CEO-CEO terbaik dalam memimpin perusahaan, mereka tidak hanya sebagai pemimpin, akan tetapi mereka seolah olah sudah menjadi urat nadi, jantung, sekaligus nyawa bagi kemajuan perusahaan, jadi kita tidak hanya bisabelajar dari para CEO terbaik Dunia dan mendapat pembelajaran dari CEO Terbaik dunia.
Oleh sebab itu, sebagai orang Indonesia, kita harus bangga mempunyai CEO-CEO yang handal dalam memimpin dan berinovasi untuk kejayaan perusahaan, berikut ini daftar profil 5 CEO BUMN yang berhasil memimpin perusahaan yang telah mendapat penghargaan CEO BUMN Inovatif Terbaik 2012.
Arief Yahya (Direktur Utama PT Telkom)
Emirsyah Satar (Direkur Utama PT Garuda Indonesia)
RJ Lino (Direktur Utama PT Indonesia Port Corporation)
Ignasius Jonan (Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia)
Keren Agustiawan (Direktur Utama PT Pertamina)

Profil CEO baca di laman: http://duakutub.com/ceo-bumn-terbaik-indonesia

PERTANYAAN
Strategi apa yang digunakan masing-masing CEO sehingga bisa membawa kesuksesan organisasi? Telesuri dan jelaskan kemungkinannya mereka menggunakan strategi bersaing (adaptif Miles & Snow) sbb:
a) Strategi Prospektor (Prospector)à mengutamakan keberhasilan dalam berinovasi
b) Strategi Bertahan (Defender)à mementingkan stabilitas pasar yang menjadi targetnya
c) Strategi Penganalisis (Analyzer)à menganalisis ide bisnis baru sebelum organisasi memasuki bisnis tersebut
d) Strategi Reaktor à organisasi yang bereaksi terhadap perubahan lingkungan

KET.
untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat dapat dilakukan dengan mengunjungi berbagai situs terkait dengan persoalan yang diajukan.

About dendar98

Tidak penting anda siapa yang penting adalah sudah berbuat apa terhadap siapa-siapa...

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: